IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 35 PEGAMBIRAN PADANG

Albizar, Albizar (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 35 PEGAMBIRAN PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi Konsep “Merdeka Belajar” diperkenalkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dalam sambutannya pada upacara Hari Guru Nasional (HGN) 2019. Gagasan ini muncul sebagai reaksi atas tuntutan sistem pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) implementasi kurikulum merdeka pada mata Pelajaran PAI SDN 35 Pegambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang(2) implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di SDN 35 Pegambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun Prosedur analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di SDN 35 Pegambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang sudah berjalan dengan baik namun perlu peningkatan dan penyempurnaan. (2) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran PAI dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di SDN 35 Pegambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang sudah berjalan dengan cukup baik, meskipun memerlukan banyak penyempurnaan karena berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun ATP dan modul ajar yang disesuaikan dengan kondisi disekolah. Dalam tahap pelaksanaan pembelajaran guru PAI menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas menekankan pentingnya akan capaian pembelajaran, kemandirian, dan aplikasi pada kehidupan sehari-hari sehingga tercipta situasi pembelajaran yang menyenangkan. Selanjutnya untuk penilaian atau evaluasi dilakukan dengan asesmen diagnostik, evaluasi lisan, formatif dan sumatif. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:30
Last Modified: 28 Aug 2024 01:30
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2924

Actions (login required)

View Item View Item