MANAJEMEN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 13 TUAPEJAT KECAMATAN SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Mugianto, Mugianto (2024) MANAJEMEN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 13 TUAPEJAT KECAMATAN SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS MUGIANTO.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru PAI kurang disiplin dalam menjalankan tugasnya seperti tidak menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, rendahnya kualitas IT dari guru PAI, dan juga kurang disiplin waktu dalam mengajar tatkala kepala sekolah tidak berada di sekolah atau tidak mengontrol kerja guru, khususnya dalam hal terselenggaranya proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana manajemen supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Tuapejat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif instrumen dan prosedur pengumpulan data yaitu cara untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Perencanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Tuapejat dilakukan oleh kepala sekolah persemester, satu tahun dua kali dilakukannya supervisi, dengan perencanan adalah a) memahami gurunya dan mempersiapkan perangkat supervisinya, b) mengatur jadwal praobservasi, c) melakukan diskusi awal untuk menetapkan jadwal observasi, d) mengingatkan guru apa-apa yang perlu dipersiapkan; 2) Pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Tuapejat yaitu: a) Menetapkan tujuan supervisi klinis, b) Menyiapkan instrument observasi, c) Menetapkan jadwal supervisi, d) Melakukan observasi, e) Memberikan umpan balik, dan f) Mengembangkan rencana tindak lanjut; 3) Peluang dan tantangan supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Tuapejat yaitu a) memperhatikan kemampuan mengajar, b) menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh guru PAI, c) membangun hubungan kerja sama antara kepala sekolah dan guru, d) menetapkan tujuan yang jelas bagi guru, e) mengembangkan rencana tindak lanjut yang efektif untuk membantu guru meningkatkan kinerjanya; 4) Evaluasi supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Tuapejat banyak hal yang terus dikembangkan dan diperbaiki agar meningkat kinerja guru PAI, karena berpengaruh terhadap mutu pendidikan disekolah. Kata Kunci: Manajemen Supervisi Klinis, Kepala Sekolah, Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Supervisi Klinis, Kepala Sekolah, Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:58
Last Modified: 29 Aug 2024 03:58
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item