STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) TUNAS MULIA TANJUNG AMPALU

Rahmatul, Kudus (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) TUNAS MULIA TANJUNG AMPALU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
tesis rahmatul kudus (22010008).pdf

Download (2MB)

Abstract

Anak tunagrahita sering menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran karena kemampuan akademik mereka kurang dari yang diharapkan, sehingga mereka memerlukan pendekatan dan metode pembelajaran yang khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai; Perencanaan dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunas Mulia Tanjung Ampalu, Pelaksanaan Pembelajaran dan Faktor Penunjang dan Penghambat dalam pembelajran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunas Mulia Tanjung Ampalu Kecamatan Koto VII. Metode yang dipakai adalah metode kualitatif. Data diambil dan dikumpulkam melalui wawanca (kepala sekolah, guru dan peserta didik), observasi serta dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan persiapan pembelajaran sebelum memulai proses mengajar. Dalam kegiatan tersebut dituangkan dalam sebuah bahan ajar. Adapun proses pembelajaran memiliki tiga kegiatan, yaitu; kegiatan pertama kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru sebelum masuk kedalam kelas dan materi pembelajaran. Kedua inti, kegiatan ini ialah kegiatan yang dikerjakan pada proses pembelajaran, meliputi metode, media dan lain sebagainya. Ketiga penutup, yaitu kegiatan yang dilakukan guru menguatkan pemahaman peserta didik. Sedangkan faktor penunjang dalam pembelajaran adalah peserta didik mau datang ke sekolah untuk belajar, sekolah memfasilitasi media pembelajaran, guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan tidak ada pengutan biaya. Faktor penghambatnya yaitu peserta didik belum lancar membaca Al-qur`an, kehadiran peserta didik yang tidak rutin serta kurangnya prasarana di sekolah tersebut. Kata kunci; Guru PAI, proses pembelajaran dan faktor penunjang dan penghambat

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, proses pembelajaran dan faktor penunjang dan penghambat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:15
Last Modified: 30 Aug 2024 08:15
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item