HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yulmaini, Yulmaini (2018) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang peneliti temukan di lapangan khususnya di kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat, pada saat kegiatan belajar berlangsung, guru kurang memperhatikan pengelolaan kelas khususnya pada pengelolaan fisik kelas. Saat proses belajar mengajar berlangsung sudah ada kontrol dari guru, hanya saja lebih fokus pada pengaturan peserta didik, sedangkan pengelolaan fisik kelas masih belum dilakukan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA khususnya pada peserta didik kelas V. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui gambaran pengelolaan kelas di kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. 3) Untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional kuantitatif, yaitu menghubungkan antara dua variabel dengan menggunakan angka-angka. Pengelolaan kelas variabel (X) dan hasil belajar IPA variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 18 orang, karena populasi dalam penelitian ini kecil dan kurang dari 100 orang, maka semua populasi dijadikan sampel, sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Gambaran pengelolaan kelas di kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat termasuk pada klasifikasi kurang baik, dengan mean 104,16 terletak pada interval 103 – 108 frekuensi 7 dan persentase 38,9%. (2) Gambaran hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat berada pada klasifikasi rendah dengan mean 66,5 terletak pada interval 56 – 67 frekuensi 5 dan persentase 27,8%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai r hitung 0,499 besar dari r tabel 0,468. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini, supaya kepala sekolah, guru dan orang tua dapat memberikan arahan, bimbingan, perhatian dan fasilitas belajar agar dapat tercapainya tujuan pendidikan dan dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:09
Last Modified: 11 Sep 2024 08:09
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item View Item