OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD IT ALAM ARROYYAN KOTA PADANG

Zespira, Hendro (2022) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD IT ALAM ARROYYAN KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS ZESPIRA HENDRO.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini diataranya adalah: (1) Untuk mengetahui optimalisasi perencanaaan pembelajaran Tahfizh al-Qur’an di SD IT Alam Arroyan Kota Padang, (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahfizh al-Qur’an di SD IT Alam Arroyan Kota Padang (3)Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Tahfizh al-Qur’an di SD IT Alam Arroyan Kota Padang, (4) Untuk mengetahui bagaimana dampak pembelajaran Tahfizh al- Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik di SD IT Alam Arroyan Kota Padang, (5) Untuk mengetahui apa saja keunggulan-keunggulan pembelajaran Tahfizh al-Qur’an di SD IT Alam Arroyan Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah berupa sumber data utama (primer) yaitu pimpinan atau Kepala Sekolah dan guru SD IT Alam Arroyan Kota Padang. Sedangkan data sekunder nya adalah berupa peserta didik di SD IT Alam Arroyan Kota Padang. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang penulis dapatkan diantaranya adalah: (a) Perencanaan guru sebelum pembelajaran program Tahfizh al-Qur’an adalah dengan merancang silabus sesuai dengan kurikulum, membuat program tahunan, program semester, membuat RPP dan menerapkan metode yang cocok dalam pembelajaran Tahfizh al-Qur’an, (b) Pembelajaran Tahfizh al-Qur’an dilaksanakan dengan sistem halaqah, peserta didik duduk dengan cara mengelilingi guru nya dan dikelompokkan sesuai dengan kemampuan bacaan dan hafalan yang dimiliki oleh peserta didik, (c) Evaluasi dalam pembelajaran Tahfizh al-Qur’an ini diantaranya adalah, evaluasi harian, mingguan, bulanan, evaluasi semester dan evaluasi tahunan yaitu dengan cara wisuda Tahfizh yang diikuti oleh peserta didik yang memiliki hafalan minimal satu juz, (d) Pembelajaran Tahfizh al-Qur’an yang dilakukan ini memberikan dampak yang besar terhadap hasil belajar peserta didik di SD IT Alam Arroyan Kota Padang, terutama pada mata pelajaran yang lain, baik pelajaran umum maupun pembelajaran Tahfizh al-Qur’an itu sendiri. Peserta didik yang memiliki hafalan yang bagus juga mempunyai prestasi yang baik bahkan menjadi peringkat atau juara dikelasnya. (e) Sedangkan keunggulan-keunggulan pembelajaran Tahfizh al-Qur’an di SD IT Alam Arroyan Kota Padang adalah menjadikan peserta didik yang berjiwa dan berakhlak al-Qur’an, serta menciptakan generasi-generasi yang cinta terhadap al-Qur’an. Kata kunci: Optimalisasi, Pembelajaran Tahfizh, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pembelajaran Tahfizh, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:50
Last Modified: 12 Sep 2024 02:50
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2984

Actions (login required)

View Item View Item