Anika, Putri (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi ANIKA 4.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Bahasa Arab peserta didik sebelum menggunakan metode Think Pair Share, untuk mengetahui kemampuan membaca Bahasa Arab peserta didik setelah menggunakan metode Think Pair Share dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Think Pair Share terhadap keterampilan membaca Bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, teknik observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu sebesar 84,56 dan kelas kontrol sebesar 80,37 nilai pre-test dari kedua kelas berada pada kategori sangat baik. Setelah dilakukan proses pembelajaran, kelas eksperimen menggunakan metode Think Pair Share dan kelas kontrol menggunakan model konvensional maka dilakukan post-test dari kedua kelas. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 91,28 dan kelas kontrol sebesar 86,62 dari kedua kelas berada pada kategori sangat baik. Dapat disimpulkan metode Think Pair Share berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca Bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Padang.
Actions (login required)
View Item |