Yuli, Marni (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 6 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 11 RAWANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
BAB 1-5 Kaset-dikonversi.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV B SDN 11 Rawang. Dalam proses pembelajaran siswa kurang melakukan tanya jawab dengan guru, hanya sebagian siswa yang berani mengemukakan pendapat, belum terlihat siswa berdiskusi kelompok dan tidak berani mendemontrasikan idenya di depan kelas Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN II rawang. Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I diadakan dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pangamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitiannya berupa lembar observasi, lembar tes dan foto. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dalam hasil RPP siklus I dengan 70% (C) pada siklus II nilai rata-rata 95% (A). Dari aspek guru siklus I dengan rata-rata 71%(C), pada siklus II dengan rata-rata 96% (A), dari aspek siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 61% (C), pada siklus II dengan nilai rata-rata 93% (A). Hasil belajar pada siklus I hal ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata 63% (C) dan menigkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81% (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |