Febri, Astuti (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN TEMA CITA-CITAKU MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 07 AIR PURA PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI PERBAIKAN UNTUK PERPUS-converted.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian berawal dari kenyataan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Air Pura Pesisir Selatan. Dalam Pembelajaran guru kurang bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan, kurang aktif, dan kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, sehingga dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dengan diterapkan model Discovery Learning sebagai salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mencapai hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Air Pura Pesisir Selatan. Dengan jumlah 20 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami penigkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil RPP siklus I dengan rata-rata 76% kualifikasi cukup (C) dan siklus II meningkat dengan rata-rata 88 % kualifikasi sangat baik (SB) dari aspek guru siklus I dengan rata-rata 72% kualifikasi cukup (C) dan siklus II meningkat dengan rata-rata 91%, kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata 63 kualifikasi cukup (C) dan siklus II meningkat dengan rata-rata 80% dengan kualifikasi sangat baik (SB), demikian dapat disimpulkan dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |