Wafri, Salti (2021) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 48 GANTING KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI UTUH CD.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik masih rendah pada mata pelajaran IPS, seperti pasifnya suasana belajar mengajar, kurang tersedianya media pembelajaran untuk pembelajaran aktif, rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS, Kurangnya pembelajaran yang inovatif seperti model active learning. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS menggunakan model active learning di kelas V SDN 48 Ganting Kota Padang. Jenis penelitian adalah PTK menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 48 Ganting Kota Padang, dengan siswa 13 orang. Penelitian dilaksanaan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Tahap PTK ada empat yaitu perencanaan, pelaksanakan, hasil, dan refleksi. Penelitian ini mengalami peningkatan hasil RPP siklus I 85%, meningkat pada hasil RPP siklus II 88%. Aspek guru siklus I 75%, meningkat pada siklus II menjadi 81,25%. Aspek siswa siklus I 78,13%, meningkat pada siklus II menjadi 84,38%. Hasil belajar siklus I 6,90%, meningkat pada siklus II menjadi 78,77%. Disimpulkan bahwa model active learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
View Item |