Sutri, Lesti (2022) PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH ALIYAH PLUS ULIL ALBAB INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PROVINSI RIAU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI SUTRI LESTI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Guru adalah pelaku utama dalam proses pendidikan. Diantara tugasnya adalah membimbing, mengawasi melatih dan transfer ilmu kepada siswa. Tidak hanya itu, guru juga harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan semangat serta minat belajar dalam proses pembelajaran.Siswa akan lebih tertarik dengan guru yang kreatif. OLeh karena itu, guru dituntut memiliki kreativitas dalam mengolah proses pembelajaran. Observasi awal pada tanggal 04-23 januari 2021 didapatkan permasalahan diantaranya siswa mengantuk pada saat jam pelajaran, keluar masuk kelas, bersifat hanya menerima saja. (1) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru di Madrasah Aliyah Inuman (2) Untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Inuman (3) untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Plus Ulil Albab Inumann dengan Ha: terdapat pengaruh kreativitas guru di Madrasah Aliyah dan Ho: Tidak terdapat pengatuh kreativitas guru di Madrasah Aliyah Plus Ulil Albab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan pospositivist. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Plus Ulil Albab Inuman yang beralamat di Jl. Lingkar Pasar Inuman Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena responden dalam penelitian berjumlah 63 orang yang merupakan jumlah keseluruhan siswa di Madrsasah Aliah Plus Ulil Albab Inuman. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket dan dokumentasi dan analisis data dengan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru di Madrasah Aliyah Plus Ulil Albab tergolong kurang baik hal ini dibuktikan dengan mean = 54,62 dan interval 54-58 dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) termasuk kategori rendah dengan mean = 53,89 dan interval berada pada 47-53 serta pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Plus Ulil Albab menunjukkan adanya pengaruh dari kreativitas guru terhadap minat belajar siswa, yang apabila dipersentasekan sebesar 41,6% dan sisanya 58,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Artinya dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima.
Actions (login required)
View Item |