Desna Leni, Putri (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN BERBANTU PUZZLE DI SD NEGERI 09 PANCUNG SOAl. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI DESNA LENI PUTRI NIM. 1806002014011.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian bermula dari hasil observasi nilai IPS siswa di Kelas V banyak dibawah KKM, guru kurang menerapkan model dan media pembelajaran saat proses belajar, oleh sebab itu peneliti menggunakan model time token berbantu puzzle untuk mengamati pengaruh model dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjeknya kelas V SD N 09 Pancung Soal, dilakukan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan hasil RPP siklus I rata-rata 83% (B) siklus II 92.5% (SB), aspek guru siklus I 87% (SB) siklus II 94% (SB), aspek siswa siklus I persentasinya 83.5% (B) siklus II 90.5% (SB). Hasil belajar kognitif siklus I 59% (D), siklus II mencapai 94% (A), aspek afektif siklus I adalah 80.5% (B) siklus II menjadi 88% (A) serta aspek psikomotor siklus I 83% (B) siklus II meningkat 89% (A). Disimpulkan data menunjukkan time token meningkatkan hasil belajar IPS.
Actions (login required)
View Item |