PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN BERBANTU PUZZLE DI SD NEGERI 09 PANCUNG SOAl

Desna Leni, Putri (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN BERBANTU PUZZLE DI SD NEGERI 09 PANCUNG SOAl. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI DESNA LENI PUTRI NIM. 1806002014011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian bermula dari hasil observasi nilai IPS siswa di Kelas V banyak dibawah KKM, guru kurang menerapkan model dan media pembelajaran saat proses belajar, oleh sebab itu peneliti menggunakan model time token berbantu puzzle untuk mengamati pengaruh model dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjeknya kelas V SD N 09 Pancung Soal, dilakukan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan hasil RPP siklus I rata-rata 83% (B) siklus II 92.5% (SB), aspek guru siklus I 87% (SB) siklus II 94% (SB), aspek siswa siklus I persentasinya 83.5% (B) siklus II 90.5% (SB). Hasil belajar kognitif siklus I 59% (D), siklus II mencapai 94% (A), aspek afektif siklus I adalah 80.5% (B) siklus II menjadi 88% (A) serta aspek psikomotor siklus I 83% (B) siklus II meningkat 89% (A). Disimpulkan data menunjukkan time token meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: IPS, PTK dan Time Token
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:11
Last Modified: 18 Sep 2024 08:11
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item View Item