Sandy Jayusman, Isnur (2024) PENGARUH KEWIBAWAAN LAHIRIAH DAN BATINIAH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SDN 30 KOTA LUBUK LINGGAU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
CD SKRIPSI SANDY JAYUSMAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini diawali dari fenomena yang peneliti temukan di SD Negeri 30 Lubuk Linggau saat mengikuti kegiatan kampus mengajar bahwa kewibawaan guru tergolong tinggi. Fenomena ini menarik minat peneliti untuk meneliti sejauh mana pengaruh kewibawaan guru terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SD Negeri 30 Lubuk Linggau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: gambaran kewibawaan guru di SD Negeri 30 Lubuk Linggau, gambaran pembinaan akhlak peserta didik di SD Negeri 30 Lubuk Linggau, dan pengaruh kewibawaan guru terhadap pembinaan akhlak peserta didik SD Negeri 30 Lubuk Linggau. Rumusan masalah : 1) Bagaimana gambaran kewibawaan lahiriyah dan batinniyah guru PAI di SDN 30 Kota Lubuk linggau?. 2) Bagaimana gambaran pembinaan akhlak peserta didik di SDN 30 Kota Lubuk linggau?. 3) Bagaimana kewibawaan lahiriyah dan batinniyah guru PAI terhadap akhlak peserta didik SDN 30 Kota Lubuk Linggau?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu menghubungkan dua variabel antara kewibawaan guru (X) dan pembinaan akhlak peserta didik (Y). Populasi berjumlah 46 orang, dan penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dan analisis data menggunakan rumus persentase dan Uji T. Hasil penelitian ini adalah: 1) Gambaran kewibawaan guru di SD Negeri 30 Lubuk Linggau tergolong kepada klasifikasi sangat rendah dengan persentase 34,83%. 2) Gambaran pembinaan akhlak peserta didik di SD Negeri 30 Lubuk Linggau tergolong kepada klasifikasi sangat rendah dengan persentase 31,85%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kewibawaan guru terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SD Negeri 30 Lubuk Linggau dengan persentase 69,7%.
Actions (login required)
View Item |