Nanda, Eka Putri (2024) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PENUNJANG PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI BAGIAN RUANG TUNGGU RUMAH SAKIT UMUM MADINA BUKITTINGGI TAHUN 2024. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH.
Text
21190040 Nanda Eka Putri.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Oleh : Nanda Eka Putri Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Sarana dan Prasarana Penunjang Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Bagian Ruang Tunggu Rumah Sakit Umum Madina Bukttinggi Tahun 2024 Sarana dan prasarana merupakan segala sesuatu yang dapat memudahkan dan melancarkan pelaksanaan suatu usaha. Penyelenggaraan rumah sakit memerlukan sarana dan prasarana guna mendukung keberhasilan pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara dengan pasien rawat jalan mengatakan bahwa kursi tunggu pasien kurang banyak sehingga pasien kurang puas terhadap sarana dan prasarana tersebut dan mengakibatkan banyaknya pasien berdiri menunggu antrian. Pasien rawat jalan tersebut menyampaikan bahwa sarana dan prasarana kurang lengkap terdapat seperti meja, kursi, Tv Informasi, tempat pendaftaran, hand sanitizer, leaflet untuk pasien yang menunggu masih kurang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi frekuensi sarana dan prasarana rawat jalan dan distribusi frekuensi kepuasan pasien tentang sarana dan prasarana penunjang pendaftaran pasien rawat jalan di bagian ruang tunggu Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi.Penelitian ini dilaksanakan pada 29 April sampai 05 Mei 2024 dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif, dengan sampel 78 responden menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian tentang kepuasan pasien terhadap sarana dan prasarana penunjang pendaftaran pasien rawat jalan di bagian ruang tunggu Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi sudah lengkap namun belum memadai. Kepuasan pasien terhadap sarana dan prasarana rawat jalan di bagian ruang tunggu Rumah Sakit Madina Bukittinggi dikatakan puas namun masih ada yang kurang puas karena terdapat setengah dari responden yang mengatakan puas. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi rumah sakit tentang kepuasan pasien terhadap sarana dan prasarana di bagian ruang tunggu dapat meningkatkan sarana dan prasarana di bagian ruang tunggu agar tujuan dan target rumah sakit tercapai. Kata kunci : Sarana, prasarana dan kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Rumah Sakit N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 07:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 07:13 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3132 |
Actions (login required)
View Item |