ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI PESISIR SELATAN (Studi Kasus Pada CV. Citra Motor)

Mardianto, Mardianto (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI PESISIR SELATAN (Studi Kasus Pada CV. Citra Motor). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI MARDIANTO.pdf

Download (88MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal, strategi pemasaran ini mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang pemasaran diantaranya adalah strategi dalam menghadapi persaingan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan dan sebagainya. Fokus Penelitian: 1) Strategi pemasaran apakah yang di terapkan oleh CV. Citra Motor dalam meningkatkan volume penjualan ? 2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi strategi pemasaran yang di terapkan oleh CV. Citra Motor? 3) Alternatif strategi pemasaran apakah yang di terapkan CV. Citra Motor?. Tujuan penelitian ini yaitu: a) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan pada CV. Citra Motor. b) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pada CV. Citra Motor. c) Untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran apakah yang diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan sepeda motor merek honda di pesisir selatan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang pertama penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan-bahan bacaan berupa teori melalui buku-buku serta sumber bacaan lainnya. Kedua penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan langsung ketempat objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang (Opportunity) sebesar (1,63) sedangkan kekuatan (Stenght) sebesar (1,20), dan ancaman (Threat) yang diperoleh sebesar (0,76) sedangkan kelemahannya (Weakness) sebesar (1,00), berdasarkan analisis SWOT tersebut maka didapat hasilnya bahwa sangat jelas menunjukkan bahwa CV. Citra Motor telah berada pada jalur yang tepat dengan terus melakukan strategi pertumbuhan (growth) yang dapat meningkatkan penjualan. Dalam hal ini strategi growth juga termasuk ke dalam strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated Marketing). Dari kekuatan yang dimiliki oleh CV. Citra Motor menjadi alternatif strategi perusahaan Untuk meningkatkan penjualan diantaranya Sparepart asli dan bermutu,luas bengkel bisa mengerjakan sampai 7 motor sekaligus dalam waktu 17 jam operasi, penjualan motor secara kredit bersaing dengan perusahaan lain (lebih terjangkau bunga rendah 2,5 %), garansi yang lebih lama dan perawatan service gratis secara berkala, reputasi yang cukup baik dalam pelayanan baik bengkel maupun kecepatan pengiriman motor serta mempertahankan spare part asli.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Strategi Pemasaran, Volume Penjualan
Subjects: D History General and Old World > Manajemen
H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Manajemen
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:20
Last Modified: 09 Oct 2024 08:20
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item View Item