Deviana, Roza (2017) HUBUNGAN STRATEGI MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 02 LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI_DEVIANA ROZA_13.02.006.014.003.pdf Download (90MB) |
Abstract
Tujuan pendidikan dapat dikatakan telah berhasil apabila hasil belajar peserta didik mengalami perubahan dan peningkatan. Keberhasilan peserta didik dapat diukur dari hasil belajar yang diperoleh setelah melalui proses pembelajaran. Upaya yang di lakukan agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat salah satu nya yaitu strategi guru dalam mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan strategi mengajar guru kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang. 2) Bagaimana gambaran hasil belajar pesrta didik dengan menggunakan strategi mengajar kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang. 3) Apakah terdapat hubungan antara strategi mengajar guru dengan hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Gambaran strategi mengajar guru kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang. 2) Gambaran hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang. 3) Hubungan antara strategi mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional. Pengambilan sampel dengan metode random sampling yaitu dimana peneliti mengambil 35% dari masing-masing populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan angket. Setelah penelitian dilakukan, didapatkan hasil bahwa Gambaran strategi mengajar guru kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang dapat dikategorikan kepada klasifikasi baik. Gambaran hasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang termasuk ke dalam klasifikasi tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara strategi mengajar guru dengan hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Padang. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa strategi mengajar guru berhubungan dengan hasil belajar pesera didik. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan strategi mengajar seoptimal mungkin, sebelum melakukan kegiatan mengajar terlebih dahulu guru merancang strategi mengajar dengan sebaik-baiknya.
Actions (login required)
View Item |