PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG)

Sahnil, Wadi (2019) PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI-dikonversi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembinaan akhlak sebagai upaya untuk menghindari generasi remaja dari penurunan moral akibat kemajuan teknologi informasi yang berdampak pada perubahan kehidupan sosial masyarakat. Pembinaan akhlak adalah proses atau usaha yang dilakukan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Kondisi di Panti Asuhan ‘Aisyiyah dalam pembinaan akhlak anak asuh masih belum maksimal dan terstruktur. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitattif deskriptif yang menggambarkan bagaimana proses pembinaan akhlak anak asuh yang diterapkan di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Pembinaan Akhlak Anak Asuh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Pembinaan Akhlak Anak Asuh di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan tentang pembinaan akhlak anak asuh di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dapat disimpulkan bahwa pembinaan akhlak anak asuh yang sudah dilakukan oleh pengasuh kepada anak asuh dengan beberapa macam cara, yaitu: pertama, melalui nasehat dan motivasi dalam pembinaan ini pengasuh sebagai pembina sekaligus pembimbing yang selalu memberikan nasehat dan motivasi agar anak asuh selalu disiplin dalam hal beribadah kepada Allah SWT; kedua, melalui pembiasaan dalam pembinaan ini pengasuh sebagai contoh bagi anak asuh dalam mengajarkan dan membiasakan anak asuh untuk taat dan patuh kepada segala peraturan yang telah ditetapkan; ketiga, melalui keteladanan dalam pembinaan ini pengurus dan pengasuh yang harus memberikan contoh yang baik kepada anak asuhnya dalam kehidupan sehari-hari; keempat, melalui hukuman dalam pembinaan ini pengasuh memberikan teguran dan berupa sanksi atau hukuman bagi anak asuh yang melanggar tata tertib sesuai dengan kesalahan yang dilakukan guna membiasakan anak asuh untuk hidup disiplin dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:35
Last Modified: 16 Oct 2024 08:35
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item