Indry Dwivayana, Saputri (2017) KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SD NEGERI 06 AIE ANGEK KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI INDRY DWIVAYANA S.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pelaksanaan pendidikan yang turut mendasari munculnya kecerdasan emosional secara sistematis dan berkelanjutan di SD Negeri 06 Aia Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS peserta didik di SD Negeri 06 Aia Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Hipotesi penelitian ini H0: Tidak terdapat hubungan ,Ha: terdapat hubungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dan sampel yang di ambil seluruh peserta didik kelas VI SD Negeri 06 Aia Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar sejumlah 26 orang dengan jenis penelitian korelasional menggunakan teknik penyebaran angket. Pengumpulan data kecerdasan emosional menggunakan metode kuesioner dengan instrumen berupa Sering, Selalu, Kadang-kadang, Tidak Pernah, dan metode pengambilan nilai hasil belajar dilakukan dengan cara dokumentasi yang dimintakan kepada wali kelas VI. Penelitian ini membuktikan bahwa “terdapat korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 06 Aia Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah”. Karena ada hubungan yang signifikan seperti temuan penelitian di atas, maka peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi seharusnya juga dapat memperoleh hasil belajar yang tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kecerdasan emosional termasuk ke dalam klasifikasi tinggi, dan hasil belajar juga termasuk ke dalam klasifikasi tinggi. Saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini adalah diharapkan kepada peserta didik untuk lebih dapat mengenali emosi diri sendiri dan orang lain agar mampu menyelaraskan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dan lebih meningkatkan hasil belajarnya baik pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya, diharapkan kepada guru untuk lebih mengetahui dan memahami bagaimana tingkat kecerdasan emosional peserta didiknya agar peserta didiknya lebih terarah dalam pembelajaran.
Actions (login required)
View Item |