Wulandari, Handayani (2018) HUBUNGAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PADANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi Wulan.pdf Download (838kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Padang bahwa, Hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Padang Tahun Ajaran 2017/2018 kurang bagus, metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi, kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang kegiatan pembelajaran, guru kurang kreatif dalam pemanfaatan sarana prasarana sekolah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat belajar serta gambaran hasil belajar untuk mengetahui apakah terdapat hubungan minat terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu hubungan antara dua variabel antara minat belajar (X) dan hasil belajar siswa (Y), populasi berjumlah 85 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh maka peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus persentase dan product moment. Hasil dalam penelitian ini adalah : (1) minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Padang Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong kurang bagus (2) hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Padang Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong kurang bagus (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ialah agar pihak sekolah memperhatikan minat belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Actions (login required)
View Item |