Murdiatul, Lasmi (2024) PENERAPAN METODE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH AL-FURQAN PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi_Akhir_Murdiatul_Lasmi 2 (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode jigsaw learning dapat meningkat kan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas XII MA Al-Furqan Padang. Metode Jigsaw learning adalah sebuah metode yang terpakai secara luas dan dapat digunakan pada semua pokok bahasan dan semua tingkatan, Metode Jigsaw ini dapat di gunakan dalam beberapa hal untuk untuk mencapai berbagai tujuan, terutama digunakan untuk presentasi dan mendapatkan materi baru. Jenis Penelitian ini adalah Pendekatan kuantitatif, untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan angka-angka yang diperoleh dari instrumen penelitian (angket penelitian). teknik pengumpulan data yaitu instrumen, kuesioner, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Furqan Padang tentang Penerapan Metode Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII di Madrasah Aliyah Al-Furqan Padang, dapat dibagi menjadi 3 yaitu: hasil pree-test, post-test dan peningkatan pemahaman peserta didik. Hasil pree-test menunjukkan bahwa Pemahaman Peserta Didik Sebelum Penerapan Metode Jigsaw Learning pada mata pelajaran Fiqih sebelum dilakukan perlakuan tergolong cukup baik dengan persentase 42%. Ternyata setelah dilakukan tretment dan diberikan post-test maka dapat di peroleh hasil Baik, dengan persentase 53%. Berdasarkan penerapan metode Jigsaw Learning diperoleh hasil sign yang apabila dibandingkan T-hitung >T-tabel yang diperoleh perbandingan 781 > 1.739. adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran sebenarnya sudah cukup baik. untuk memperoleh pemahaman peserta didik dibutuhkan metode pembelajaran yang bervariasi agar pelaksanaan pembelajaran lebih baik.
Actions (login required)
View Item |