Fitria, Zilfani (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION(CIRC)TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID KELAS V SDN 13 LUBUK ALUNG KABUPATEN AGAM. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
skripsi zilfani.pdf Download (18MB) |
Abstract
CIRC merupakan model pembelajaran yang digunakan sebagai model pengajaran membaca yang dianggap efektif bagi siswa yang mempunyai kemampuan membaca berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Integrted Reading and Composition terhadap keterampilan membaca pemahaman murid kelas V SD Negeri 13 Lubuk Alung Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment),dikarenakan subjek dari penelitian ini adalah manusia, yang mana sifat manusia itu mudah berubah atau tidak stabil, baik tingkah laku maupun pola pikir. Dimana dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Membaca pemahaman merupakan keterampilan membaca yang berada pada urutan yang lebih tinggi.Membaca pemahaman adalah secara kognitif(membaca untuk memahami), dalam membaca pemahaman pembaca dituntut mampu memahami isi bacaan.Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh dalam penggunaan model Cooperative Integreted Reading and Composition terhadap keterampilan membaca pemahaman murid. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji yang menunjukan nilai sig sebsear 0,000 yang menyatakan < dari 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat diartikan ada perbedaan yang signifikan perubahan keterampilan membaca pemahaman kelompok kontrol dan perubahan keterampilan membaca pemahman kolompok eksperimen.
Actions (login required)
View Item |