PERSEPSI SISWA TENTANG HUKUMAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT DAN KESADARAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PADANG

Aflahatiz, Zakiah (2017) PERSEPSI SISWA TENTANG HUKUMAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT DAN KESADARAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
PDF SKRIPSI AFLAHATIZ ZAKIAH (PAI 2013).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hukuman yang diberikan kepada siswa karena kurangnya kedisiplinan siswa. Hukuman yang diberikan berupa denda. Denda tersebut berupa uang dalam jumlah yang besar, hingga mencapai Rp. 40.000,-. Jumlah besar tersebut dimaksudkan agar para siswa berfikir kembali untuk melakukan pelanggaran yang sama. Dan bagaimana persepsi siswa terhadap hukuman yang sudah berlaku di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang dan berpengaruh atau tidaknya terhadap minat dan kesadaran belajar siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana gambaran persepsi siswa tentang hukuman di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang? (2) Bagaimana gambaran minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang? (3) Bagaimana gambaran kesadaran belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang? (4) Apakah terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang hukuman dengan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang? (5) Apakah terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang hukuman dengan kesadaran belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang? (6) Apakah terdapat pengaruh antara minat belajar siswa dengan kesadaran belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji mean sedangkan untuk menguji hipotesis penulis menggunakan persamaaan regresi linear dengan bantuan SPSS 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Gambaran persepsi siswa tentang hukuman di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang berada pada klasifiksi bagus. (2) Gambaran minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang berada pada klasifikasi tepat. (3) Gambaran kesadaran belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang berada pada klasifikasi sedang. (4) Terdapat pengaruh yang signifkan antara persepsi siswa tentang hukuman dengan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang dengan persentase nilai r Square 0,0201 x 100 % = 20,1 %. (5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang hukuman dengan kesadaran belajar di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang dengan persentase nilai r square 0,033 x 100 % = 3,3%. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan kesadaran belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang dengan persentase r square 0,354 x 100 % = 35,4%. Dari kesimpulan penelitian ini, penulis memberikan saran kepala sekolah dan guru agar dapat membangun persepsi yang tepat yang berlaku di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang, sehingga hukuman dapat berpengaruh terhadap minat dan kesadaran beelajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:47
Last Modified: 01 Nov 2024 03:47
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item