Nurul, Hidayati (2017) KORELASI MINAT MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KAYU ARO KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI_NURUL HIDAYATI_13.06.002.014.016.pdf Download (88MB) |
Abstract
Membaca merupakan salah satu perantara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang (2) Bagaimanakah Gambaran Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung (3) Apakah Terdapat Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Gambaran Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang (2) Untuk Mengetahui Gambaran Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang (3) Untuk Mengetahui Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis korelasional, yaitu menghubungkan antara dua variabel dengan menggunakan angka-angka. Minat membaca (variabel x) dan hasil belajar (variabel y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang yang berjumlah 31 orang, karena populasi dalam penelitian ini kecil, maka peneliti mengambil semua populasi dijadikan sampel yaitu 31 orang, jadi penelitian in disebut penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) minat membaca peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang tergolong pada klasifikasi sedang karena rata-rata peserta didik kurang berminat dalam membaca, (2) hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang tergolong pada klasifikasi tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Kayu Aro. Saran peneliti adalah agar guru lebih memperhatikan peserta didik dalam proses belajar mengajar (PBM) berlangsung sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.
Actions (login required)
View Item |