Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Bullying pada Siswa di SMP N 6 Payakumbuh Tahun 2024

Nadia, Miranda Putri (2024) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Bullying pada Siswa di SMP N 6 Payakumbuh Tahun 2024. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
20200007 Nadia Miranda Putri.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena bullying telah berlangsung lama di seluruh dunia dan tidak ada habisnya. Bullying dapat mengakibatkan pengaruh jangka pendek dan jangka panjang baik pada korban, pelaku maupun saksi. Pada tahun 2023 hampir 40% anak di dunia mengalami bullying di sekolah. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkap, sekitar 3.800 kasus perundungan di Indonesia sepanjang 2023. Hampir separuhnya terjadi di lembaga pendidikan. Hasil survei ini merupakan angka tertinggi di dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktorfaktor yang berhubungan dengan kejadian bullying pada siswa kelas VIII di SMP N 6 Kota Payakumbuh tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 64 responden. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2024 di SMP N 6 Kota Payakumbuh. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Hasil analisis uji statistic chi-square menunjukkan bahwa faktor dukungan keluarga dengan kejadian bullying p-value 0.012, faktor kelompok teman sebaya dengan kejadian bullying p-value 0.028, faktor konsep diri dengan kejadian bullying pvalue 0.037 dimana faktor dukungan keluarga, kelompok teman sebaya, dan konsep diri didapatkan p-value < 0.05), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara faktor dukungan keluarga, kelompok teman sebaya, dan konsep diri dengan kejadian bullying pada siswa kelas VIII di SMP N 6 Kota Payakumbuh pada tahun 2024. Dengan kesimpulan didapatkan dukungan keluarga rendah, kelompok teman sebaya tinggi serta konsep diri yang rendah, maka kejadian bullying akan sering terjadi. Untuk itu, di harapkan guru meningkatkan kegiatan pencegahan bullying, serta siswa dapat mengidentifikasi lebih lanjut faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kejadian bullying di sekolah. Kata kunci : Faktor dukungan keluarga, faktor kelompok teman sebaya, faktor konsep diri, kejadian bullying Daftar Pustaka : 46 (2014-2024)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Keperawatan
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Ilmu Keperawatan
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:09
Last Modified: 05 Nov 2024 03:09
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item