Andi, Putra (2024) PENERAPAN ICE BREAKING PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAM PARAMAN AMPALU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi_Andi_Putra S.Pd.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ice Breaking efektif terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAM Paraman Ampalu. Ice Breaking sendiri merupakan suatu teknik yang digunakan oleh guru untuk mencairkan suasana atau memecahkan kebekuan antara peserta dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan angka-angka yang di peroleh dari instrumen penelitian, angket, dan dokumentasi Berdasarkan hasil Penelitian ini dilakukan di MAM Paraman Ampalu, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X, dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 20 siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pre-test Post-test. Sedangkan secara khusus. Berdasarkan hasil tes awal tersebut ternyata diperoleh rata-rata pada saat Pre-test yaitu sebesar 67,15, namun setelah diberikan perlakuan dengan Ice Breaking maka terjadi peningkatan dengan rata-rata menjadi 69,55. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa Ice Breaking berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAM Paraman Ampalu, hal ini diperkuat setelah dilakukan uji t, dimana diperoleh hasil thitung sebesar 4,38 yang lebih besar dari ttabel dalam taraf α = 0.05 sebesar 2.093. Maka dari pernyataan di atas Ha diterima dan Ho ditolak.
Actions (login required)
View Item |