Muliati, Muliati (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK: KAJIAN RELEVANSI DENGAN PEMBELAJARAN PAI DI MTsN 1 KOTA PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS-MULIATI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan saat ini perlu mengacu kepada nilai-nilai keagamaan. Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam menjadi salah satu cara untuk membentuk kepribadian seseorang di tengah masyarakat. Hal ini akan menjadikan nilai-nilai agama Islam menjadi alat kontrol seseorang dalam berprilaku dan beraktivitas di tengah masyarakat. Sehingga penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam akan mebangun masyarakat yang cerdas pengetahuan dan akhlak. Sumber nilai pendidikan agama Islam dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat ditemukan dalam cerita pada karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Unsur instrinsik dan ektrinsik dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, (2) Mengungkap nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, dan (3) Menganalisis relevansi nilai-nilai yang terdapat dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dengan pelajaran PAI di MTsN 1 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka. Data penelitian ini yaitu kata dan kalimat dalam novel. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik baca dan catat. Pemeriksaan keabsahan data penelitian dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti, ketekunan peneliti, triangulasi, dan diskusi teman sejawat serta ahli. Hasil penelitian analisis nilai pendidikan agama Islam dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka menyimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat unsur instrinsik dan ektrinsik yang legkap di dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka mulai dari tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, amanat, nilai-nilai, dan latar pengarang. Kedua, ditemukan sebanyak 26 nilai agama Islam dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka. Nilai tersebut yaitu nilai aqidah, akhlak, beribadah, tabah, taubat, ikhlas, ulet, teguh, amanah, ibadah sunah, bertanggungjawab, setia kawan, berbudi pekerti, kasih sayang, adil, bijaksana, pemaaf, menuntut ilmu, optimis, tolong menolong, rendah hati, baik, zikir, doa, dan rajin. Ketiga, nilai agama yang terdapat dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka sangat relevan dengan zaman sekarang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai-nilai tersebut terdapat pada silabus mata pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VII, VIII, dan IX dan Fiqih kelas VII dan VIII. Nilai-nilai tersebut di dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak dan Fiqih dipelajari oleh peserta didik di MTsN 1 Kota Pariaman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, nilai agama, relevansi, pembelajaran PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:58 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3315 |
Actions (login required)
View Item |