Rahtu Gita, Khodiq (2018) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AZHAR KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya bahwa, Hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018 di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi, kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang kegiatan pembelajaran, guru kurang kreatif dalam pemanfaatan sarana prasarana sekolah yang kurang memadai, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) dan kurangnya kebersihan ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan belajar serta gambaran hasil belajar untuk mengetahui apakah terdapat hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu hubungan antra dua variabel antara lingkungan belajar (X) dan hasil belajar siswa (Y), populasi berjumlah 24 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh maka peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus persentase dan product moment. Hasil dalam penelitian ini adalah : (1) lingkungan belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong rendah (2) hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong rendah (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2017/2018. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ialah agar pihak sekolah memperhatikan lingkungan belajar siswa dan juga kerja sama dengan orang tua agar lebih memperhatikan kebutuhan anaknya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |