HUBUNGAN PERILAKU TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 26 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT

Nurlis, Nurlis (2018) HUBUNGAN PERILAKU TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 26 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
FULL SKRIPSI NURLIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi yang peneliti lakukan pada SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat, bahwa: hasil belajar Matematika peserta didik rendah, peserta didik mengikuti teman yang malas belajar sehingga mendapatkan nilai yang rendah, pelaksanaan pembelajaran Matematika masih bersifat transfer pengetahuan shingga peserta didik merasa bosan dan mengganggu temannya, peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu bermain dari pada belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimana gambaran perilaku teman sebaya kelas V SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat, gambaran hasil belajar Matematika kelas V SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat, apakah terdapat hubungan antara perilaku teman sebaya terhadap hasil belajar Matematika kelas V SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan perilaku teman sebaya terhadap hasil belajar Matematika Peserta didik kelas V SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu menghubungkan dua variabel antara perilaku teman sebaya (X) dan hasil belajar (Y), populasi berjumlah 30 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus presentase dan product moment. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) perilaku teman sebaya kelas V SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat tergolong pada klasifikasi kurang baik, dengan mean 70,93 terletak pada interval 63-73 frekuensi 6 dan presentase 20%. (2) hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat tergolong pada klasifikasi tinggi, dengan mean 71,90 terletak pada interval 67-73 frekuensi 19 dan presentase 63,33% (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SD Negeri 26 Talamau Kabupaten Pasaman Barat pada pengujian korelasi 2 ekor yang mana harga r tabel 0,361. Setelah dilakukan uji korelasi diperoleh r hitung 0,386. Maka r hitung lebih besar dari r tabel. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini, agar kepala sekolah, guru, dan orang tua memberikan pembinaan, pengawasan, arahan dan berkerjasama dalam mendidik anak agar berperilaku baik, serta tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran di jam sekolah dan di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Teman Sebaya, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 05:00
Last Modified: 11 Nov 2024 05:00
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item