Shofianto, Shofianto (2024) GAMBARAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD ISLAM KREATIF MAKKAH PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI SHOFIANTO FINISH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa dengan semangat tinggi dalam menghafal Al-Qur’an yang selalu fokus terhadap pembelajaran di sekolah, tenang dalam bertindak, dan giat melakukan aktivitas. Namun disisi lain terdapat siswa yang masih merasa kurang ketika mendapatkan rezeki, merasa minder, dan selalu terlambat dalam hal ibadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memaparkan bagaimana gambaran kecerdasan spiritual Siswa Penghafal Al Qur’an di SD Islam Kreatif Makkah Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dilakukan di SD Islam Kreatif Makkah Padang dengan jumlah subjek 33 responden yang ditemui secara langsung melalui koesioner. Penelitian ini terdiri dari para siswa di SD Islam Kreatif Makkah Padang yang memiliki hafalan Al-Qur’an juz 30. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penelitian kecerdasan spiritual, uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yaitu menghitung nilai rata-rata dan standar deviasinya. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kecerdasan spiritual siswa penghafal Al-Qur’an di SD Islam Kreatif Makkah berdasarkan aspek aspek kemampuan fleksibel, kesadaran diri, kemampuan menghadapi penderitaan, kemampuan menghadapi rasa sakit, kualitas hidup, keengganan untuk menyebabkan kerugian, pandangan holistik, kecenderungan bertanya, mandiri dan kemudahan untuk bekerja melawan konvensi berada pada kategori sangat tinggi. Siswa dapat menghadapi dan memecahkan masalah, menempatkan perilaku, bertindak, dan memandang sesuatu dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan aktivitas menghafal Al-Qur’an memiliki dampak yang baik terhadap kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa.
Actions (login required)
View Item |