PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA KETERAMPILAN MEMBACA NARASI TEMA 6 DI KELAS III.A SDN 31 JATI TANAH TINGGI KOTA PADANG

Putri, Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA KETERAMPILAN MEMBACA NARASI TEMA 6 DI KELAS III.A SDN 31 JATI TANAH TINGGI KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AYU FIX (20050029).pdf

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada proses pembelajaran dikelas III.A SDN 31 Jati Tanah Tinggi Kota Padang masih konvensional. Guru hanya menggunakan media buku paket dan papan tulis saja. Solusinya dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Media Canva pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III.A SDN 31 Jati Tanah Tinggi yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli aspek isi, desain, dan bahasa untuk mencapai kategori valid. Untuk mengetahui nilai praktikalitas, efektivitas, media yang dikembangkan dilihat dari angket respon guru dan peserta didik serta dari test belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah nilai media Canva 89% dengan kategori valid dilihat dari validasi isi, desain, bahasa. Selanjutnya, hasil praktikalitas diperoleh dari angket tampilan media pembelajaran, kemudahan penggunaan media pembelajaran dan kesesuaian waktu yaitu 96% dengan kategori sangat praktis, sedangkan, hasil penilaian efektivitas dilihat dari hasil angket dan test belajar peserta didik yaitu 91% dengan kategori sangat efektif. Jadi, media interaktif Canva mencapai kategori valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Canva, ADDIE, Membaca Narasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:56
Last Modified: 13 Nov 2024 02:56
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item