Putri, Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA KETERAMPILAN MEMBACA NARASI TEMA 6 DI KELAS III.A SDN 31 JATI TANAH TINGGI KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI PUTRI AYU FIX (20050029).pdf Download (6MB) |
Abstract
Media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada proses pembelajaran dikelas III.A SDN 31 Jati Tanah Tinggi Kota Padang masih konvensional. Guru hanya menggunakan media buku paket dan papan tulis saja. Solusinya dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Media Canva pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III.A SDN 31 Jati Tanah Tinggi yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli aspek isi, desain, dan bahasa untuk mencapai kategori valid. Untuk mengetahui nilai praktikalitas, efektivitas, media yang dikembangkan dilihat dari angket respon guru dan peserta didik serta dari test belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah nilai media Canva 89% dengan kategori valid dilihat dari validasi isi, desain, bahasa. Selanjutnya, hasil praktikalitas diperoleh dari angket tampilan media pembelajaran, kemudahan penggunaan media pembelajaran dan kesesuaian waktu yaitu 96% dengan kategori sangat praktis, sedangkan, hasil penilaian efektivitas dilihat dari hasil angket dan test belajar peserta didik yaitu 91% dengan kategori sangat efektif. Jadi, media interaktif Canva mencapai kategori valid, praktis dan efektif.
Actions (login required)
View Item |