PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL IFFAT PAYAKUMBUH

Afnokri, Afnokri (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL IFFAT PAYAKUMBUH. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS AFNOKRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa terlihat dari nilai yang diperoleh siswa masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini yaitu: a. Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode pembelajaran kooperatif metode Make a Match terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IV SDIT Al-Iffat Payakumbuh, b. Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IV SDIT Al-Iffat Payakumbuh, c. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Make a Match terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IV SDIT Al-Iffat Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDIT Al Iffat Payakumbuh, dengan sampel Kelas IVA dan IVB SDIT Al Iffat Payakumbuh. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes objektif pilihan ganda dan angket. Kelas eksperimen diberi perlakuan metode pembelajaran Make a Match dan motivasi belajar dan kelas kontrol diberi pembelajaran biasa. Data yang sudah terkumpul dianalisis berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, melakukan penskoran terhadap lembar angket motivasi dan hasil tes belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kedua mengubah skor menjadi nilai. Ketiga, menentukan rata-rata hitung (M) dari masing-masing lembar tes. Keempat, mengelompokkan nilai motivasi belajar dan hasil tes mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). kelima, melakukan uji persyaratan analisis. Keenam, menguji hipotesis. Ketujuh, membahas hasil analisis dan menyimpulkan hasil pembahasan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan rata-rata 88,74. Kedua, hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 80,17 lebih baik dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai 72,87. Dengan nilai thitung (7,9550) lebih besar dari nilai ttabel (2,09) pada derajat kebebasan n1+ n2 - 2 (44) dan taraf signifikan 95%

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Make a Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:08
Last Modified: 14 Nov 2024 03:08
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3326

Actions (login required)

View Item View Item