Riswandi, Riswandi (2024) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN PERSPEKTIF MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDEKATAN MULTI MEDIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 GUNUNG TULEH KECAMATAN GUNUNG TULEH. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS RISWANDI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan metode analisis datanya maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu peneilitian yang berorientasi pada fenomena atau peristiwa yang terjadi dan dianalisis dengan logika ilmiah. Sedangkan berdasarkan kedalaman analisis datanya, maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat tertentui. Berdasarkan prosedur pengumpulan datanya, maka penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu penelitian yang proses pengumpulan datanya dilakukan saat kejadian berlangsung. Berikut adalah metode pembinaan sikap moderasi beragama yang dilakukan oleh guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 10 Gunung Tuleh. 1) Metode Pemberian Nasihat 2) Metode Teladan 3) Metode Pembiasaan 4) Metodei Kedisiplinan 5) Metode Pemberian Hukuman Kreativitas guru dalam penerapkan kebijakan strategis Menteri Agama di sekolah Dasar Negeri 10 Gunung Tuleh merupakan kreativitas dalam suatu gagasan atau ide dalam mendidik peserta didik dalam meningkatkan perilaku aktif siswa, menarik dan menantang siswa untuk belajar agama dan keagamaan. Perspektif guru tentang moderasi beragama di Sekolah Dasar Negeri 10 Gunung Tuleh suatu sudut pandang guru dalam mengajarkan siswa untuk saling menghargai dan menghormati dalam beragama. Moderasi beragama merupakan suatu hal yang harus diterapkan dalam sekolah dalam jiwa peserta didik supaya bisa saling toleransi beragama. Sudut pandang siswa dalam moderasi beragama merupakan suatu yang harus diterapkan oleih siswa dalam kehidupan sehari-hari, siswa merupakan tiang untuk kedamaian beragama. Siswa adalah anak yang harus didik dari usia dini dalam mengenal moderasi beragama. Strategi guru dalam mengintegrasikan Multimedia dalam pembelajaran PAI untuk mengaktualisasikan konsep Moderasi Beragama terhadap siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 10 Gunung Tuleh. a. Srategi Pendidikan Secara Langsung b. Strategi Pendidikan Secara Tidak Langsung yaitui: Metode Pemberian Nasihat, Metode Teladan, Metode Pembiasaan, Metode Kedisiplinan, Metode Pemberian Hukuman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membangun Perspektif Moderasi Beragama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:01 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:01 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3369 |
Actions (login required)
View Item |