Sri, Sugita (2024) PENGARUH KECANDUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEDISIPLINAN DALAM MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT FARDHU REMAJA PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Revisi Munaqosah Gita.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media sosial dikalangan remaja yang menimbulkan kekhawatiran terhadap praktik keagamaan, khususnya kedisiplinan dalam menunaikan ibadah shalat fardhu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecanduan media sosial terhadap kedisiplinan remaja dalam melaksanakan ibadah shalat fardhu di wilayah Pasie Nan Tigo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Penelitian ini berlokasi di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Subjek penelitian ini adalah remaja di Pasie Nan Tigo berusia 10-22 tahun yang memiliki smartphone dan sering mengakses media sosial. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dengan skala kecanduan media sosial dan kedisiplinan dengan model skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah intsrumen penelitian, uji validitas, dan uji reliabilitas. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecanduan media sosial dengan kedisiplinan dengan nilai thitung sebesar 3,200 dengan signifikansi 0,002 lebih kecil dari 0,05 yang artinya variabel X (Kecanduan Media Sosial) berpengaruh terhadap variabel Y (Kedisiplinan). Adapun nilai analisis korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,304. Selanjutnya besarnya nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini adalah sebesar 0,092. Yang mengandung pengertian bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (Kecanduan Media Sosial) terhadap variabel terikat (Kedisiplinan) yaitu sebesar 9,2 % dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Actions (login required)
View Item |