Subuhadi, Subuhadi (2019) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 RANAH BATAHAN KENAGARIAN BATAHAN KECAMATAN RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS SUBUHADI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Belajar sehari penuh / full day school merupakan suatu program yang telah dirintis oleh beberapa sekolah yang ada di Indonesia, yang menjadi model pendidikan alternatif, melalui penyediaan waktu belajar yang lebih lama sehingga proses pembinaan karakter dalam diri siswa akan lebih optimal, karena sekolah dapat menerapkan proses pembelajaran dan proses penanaman nilai karakter dalam lingkungan sekolah yang diatur dan disusun dalam kurikulum sekolah dan juga menjadi nilai tambah bagi peserta didik dan juga sekolah itu sendiri karena untuk menjadi karakter yang baik itu merupakan hal yang tidak mudah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Full Day School di SMP N 1 Ranah Batahan Kenagarian Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP N 1 Ranah Batahan Kenagarian Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Perencanaan Full Day School sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP N 1 Ranah Batahan Kenagarian Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, untuk mengetahui Pelaksanaan Full Day School sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP N 1 Ranah Batahan Kenagarian Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, untuk mengetahui Evaluasi Full Day School sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP N 1 Ranah Batahan Kenagarian Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Metode penelitian ini meliputi : 1) Jenis penelitian adalah field research(penelitian lapangan), metode yang digunakan adalah metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif, 3) sumber data dan informasi penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, komite, majelis guru, serta peserta didik SMP N 1 Ranah Batahan, 4) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, 5) Analisis yang digunakan dengan melewati aktivitas analisis data antara lain: reduksi data, penyajian data dan penarikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Full day school, Pembentukan karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:39 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:39 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3395 |
Actions (login required)
View Item |