Muhammad, Feri (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TEMA SEHAT ITU PENTING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD N 25 LANGKI KABUPATEN SIJUNJUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi Muhammad Feri Utuh.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tinjauan terhadap kegitan pembelajaran IPA di SD N 25 Langki Kabupaten Sijunjung yang mana guru belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan minat belajar peserta didik kurang. Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan belum mengaitkan dengan permasalahan sehari-hari, belum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA menyebabkan peserta didik kurang tertarik untuk belajar sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar IPA tema sehat itu penting pada peserta didik kelas V SD N 25 Langki Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD N 25 Langki Kabupaten Sijunjung dengan jumlah peserta didik 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data instrument dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, aktivitas guru dan peserta didik, serta pengambilan gambar (dokumentasi) pada saat pembelajaran berlangsung. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan. Hasil pengamatan RPP siklus I dengan rata-rata 81,25% dan siklus II dengan rata-rata 85%. Dari aspek guru pada siklus I dengan rat-rata 83,92 % dan pada siklus II dengan rat-rata 92,85%, dari aspek peserta didik pada siklus I dengan rat-rata 80,35% dan pada siklus II dengan rata-rata 92,85%. Hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan dengan rata-rata akhir mencapai 81,76%. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
View Item |