UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI STRATEGI PAIKEM MIN 1 KOTA SAWAHLUNTO

Wirdanif, Wirdanif (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI STRATEGI PAIKEM MIN 1 KOTA SAWAHLUNTO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS WIRDANIF.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan mendekripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits melalui strategi PAIKEM di MIN 1 Kota Sawahlunto khususnya di kelas IV. Penggunaan strategi PAIKEM diharapkan dapat membantu siswa agar lebih bersemangat lagi dalam belajar, serta siswa yang berbeda-beda karakternya, mampu mengembangkan potensi mereka masing-masing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan pada penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar al-Qur’an Hadits melalui strategi PAIKEM. Siswa kelas IV MIN 1 Kota Sawahlunto secara mendalam dan komprehensif. Selain itu, dengan pendekatan kualitatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan partisipasi orang tua ini. Objek penelitian dapat dinyatakan sebagai situasi sosial penelitian yang ingin diketahui apa yang terjadi di dalamnya. Pada objek penelitian ini, peneliti dapat mengamati secara mendalam aktivitas (activity) orang-orang (actors) yang ada pada tempat (place) tertentu. Subjek penelitian merupakan sumber data yang dimintai informasinya sesuai dengan masalah penelitian. Hasil analisa menunjukkan bahwa upaya guru dalam menyiapkan pembelajaran terlihat dari pemograman yang matang dari seseorang guru yang membimbing. Salah satunya dengan merumuskan RPP ( Rancangan Perlaksanaan Pembelajaran). Dimana guru memastikan tujuan pembelajaran dengan modul serta tipe keahlian yang dipadukan setelah itu memilah amatan modul, standar kompetensi, kompetensi bawah serta indikatornya. Daya cipta guru dalam mempraktikkan PAIKEM ialah salah satu aspek pendukung cara pembelajaran di dalam kategori. Guru pula jadi determinan kesuksesan anak didik dalam menguasai modul pelajaran. Beragamnya kepribadian yang dipunyai oleh anak didik, pastinya tidak serupa satu dengan yang yang lain. Tiap pembelajaran tentu mempunyai sebagian hambatan. Disini guru wajib pintar dalam menanggulangi hambatan itu. Bukan cuma itu, hambatan ini pula wajib jadi atensi yang sungguh-sungguh untuk pihak- pihak yang terpaut, semacam kepala sekolah, pengawas, regu manajemen pembelajaran serta yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: upaya guru, motivasi belajar, strategi PAIKEM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2024 02:36
Last Modified: 28 Nov 2024 02:36
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item