Analisis Perbandingan Kerusakan Jalan Tanjung Pangkal Kabupaten Pasaman Barat Pada STA 0+000 Sampai 2+500 Menggunakan Metode PCI dan RCI

Nadya, Rizka Fitri (2024) Analisis Perbandingan Kerusakan Jalan Tanjung Pangkal Kabupaten Pasaman Barat Pada STA 0+000 Sampai 2+500 Menggunakan Metode PCI dan RCI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
20180077 Nadya Rizka Fitri.pdf

Download (50MB)

Abstract

Bertambahnya penduduk Kabupaten Pasaman Barat dapat berdampak pada masalah lalu lintas, dapat dilihat pada ruas jalan yang sering dilalui kendaraan. Prasarana jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berlulang-ulang merupakan suatu faktor terjadinya penurunan kualitas jalan, baik kondisi struktural hingga kondisi fungsionalnya juga mengalami kerusakan. Jalan Tanjung Pangkal, Pasaman Barat ini merupakan jalan arteri kelas III yang menghubungkan jalan dari Nagari Kapar ke Tanjung Pangkal. Jalan arteri merupakan jalan yang dapat dilalui kendaraan pribadi dengan ukuran lebar tidak melebihi 2,5 meter, ukuran panjang tidak melebihi 18 meter, dan muatan sumbu terberat yang diizinkan 8 ton. Akan tetapi kendaraan pribadi yang melewati jalan Tanjung Pangkal ini seberat 15 ton yaitu melebihi dari kapasitas yang diizinkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan yang terdapat pada lapis permukaan ruas jalan dan untuk mngetahui nilai indeks Jalan Tanjung Pangkal Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Dua metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode Pavement Condition Index (PCI) dan Road Condition Index (RCI). Nilai PCI dari rentang 0-100 dan untuk RCI dari rentang 0-10. Jenis kerusakan yang ditemukan pada rentang jalan 2,5 kilo meter yaitu lubang, tambalan, retak kulit buaya, retak memanjang, dan penurunan, tetapi yang paling dominan terjadi yaitu lubang. Pada metode PCI didapatkan nilai CDV sebesar 75 (nilai PCI = 25) dan metode RCI dengan nilai 1,61. Setelah didapatkan hasil dari kedua metode maka dengan itu didapatkan kondisi jalan pada pemeliharaan secara rekonstruksi. Kata kunci : Analisis kerusakan jalan, metode PCI, metode RCI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:32
Last Modified: 18 Dec 2024 03:32
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item