Radiaso, Radiaso (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIMELINE PADA PEMBELAJARAN SKI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH AL-FALAH PONDOK PESANTREN PERKAMPUNGAN MINANGKABAU KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
Skripsi Radiaso.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya yang dalam mencerdaskan generasi bangsa sebagai bekal dalam menjalani kehidupan. Namun Dalam mewujudkan hal tersebut, guru sebagai orang yang diberikan amanah dituntut kreatif dalam kegiatan pembelajaran untuk memberikan kemudahan kepada para peserta didik memahami materi yang disampaikan, salah satunya adalah dengan memilih media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penggunaan media timeline kepada peserta didik kelas X pada Mata Pelajaran SKI di MAS Al-Falah Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasiexperiment). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media timeline dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes formatif dan dianalisis menggunakan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan perbedaan rata-rata sebesar 25,00 dan interval kepercayaan antara 20,616 hingga 29,384, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Timeline memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta. Oleh karena itu, media Timeline dapat dianggap sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar. Dalam hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memilihi hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengak kelas kontrol. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan metode timeline berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X Madrasah Aliyah Al-Falah Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang.
Actions (login required)
![]() |
View Item |