UPAYA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DI MAN KOTA SOLOK

Husen, Kadri (2025) UPAYA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DI MAN KOTA SOLOK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS HUSEIN KADRI - COVER - BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TESIS HUSEIN KADRI - BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa Pendidikan Islam merupakan bentuk pendidikan khusus yang memiliki ciri khas keislamannya. Kurikulum pendidikan Islam lebih menekankan pada pemberdayaan individu melalui ajaran Al-Qur'an dan hadist. Ini berarti bahwa pendidikan Islam tidak hanya fokus pada aspek normatif ajaran Islam, tetapi juga pada penerapan praktisnya dalam berbagai bidang, seperti kelembagaan, budaya, nilai dan potensinya untuk memberdayakan individu. Maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kreatifitas siswa di MAN Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researt) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yakni dengan mengambarkan objek penelitian sebagaimana adanya. Sumber data primer penelitian meliputi peserta didik dan data sekunder meliputi kepala sekolah dan guru Aqidah Akhlak di MAN Kota Solok. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi: Kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru memulai perencanaan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis proyek. Salah satu strategi yang digunakan adalah mengintegrasikan nilai-nilai Aqidah Akhlak ke dalam kegiatan nyata, seperti proyek pembuatan kampanye digital bertema akhlak mulia, penyusunan video edukasi tentang kejujuran, atau pelaksanaan aksi sosial berbasis nilai-nilai agama. Proyek ini dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga mereka dapat mengembangkan ide-ide kreatif sekaligus menginternalisasi nilai-nilai akhlak. Pelaksanaan pembelajaran berbasis diskusi juga menjadi salah satu metode yang diterapkan. Guru memberikan studi kasus atau situasi nyata yang relevan dengan nilai-nilai Akidah akhlak untuk dianalisis oleh siswa. Aktivitas ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menyampaikan pandangan mereka secara konstruktif. Selain itu, guru memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui karya seni, tulisan atau media lain yang sesuai dengan minat mereka. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap perangkat teknologi, sehingga guru perlu menyesuaikan metode agar inklusif bagi semua siswa. Guru menggunakan berbagai metode evaluasi yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Salah satu metode yang digunakan adalah penilaian berbasis proyek. Melalui proyek-proyek seperti pembuatan video edukasi, karya seni bertema nilai-nilai akhlak, atau presentasi kelompok, guru dapat mengevaluasi sejauh mana siswa mampu mengintegrasikan kreativitas mereka dengan pemahaman terhadap materi Akidah akhlak. Evaluasi ini tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses yang dilalui siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum merdeka belajar, Aqidah Akhlak dan Kreatifitas Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:15
Last Modified: 30 Jun 2025 08:15
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3643

Actions (login required)

View Item View Item