PENGARUH KEWIBAWAAN DAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP IT NUR HIDAYAH LUBUK ALUNG PADANG PARIAMAN

Hafizul, Risman (2025) PENGARUH KEWIBAWAAN DAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP IT NUR HIDAYAH LUBUK ALUNG PADANG PARIAMAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis Hafizul Risman 23010011- Cover - Bab I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Tesis Hafizul Risman 23010011- Bab II - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam membentuk sikap disiplin peserta didik. Kewibawaan dan kompetensi leadership guru menjadi faktor kunci yang memengaruhi perilaku belajar dan kepatuhan peserta didik di SMP IT Nur Hidayah Lubuk Alung Padang Pariaman.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kewibawaan serta kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam terhadap sikap disiplin peserta didik. Jenis penelitian menggunakan ex post facto dengan pendekatan teologi normatif dan psikologi. Sampel terdiri atas 65 peserta didik kelas VII, VIII-1, VIII-2, dan IX yang dipilih secara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kewibawaan guru, kompetensi leadership guru, dan sikap disiplin peserta didik. Analisis data meliputi statistik deskriptif dan inferensial (uji t, uji f, regresi berganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP IT Nur Hidayah Lubuk Alung Padang Pariaman secara umum berada pada kategori sedang, yang berarti masih terdapat ruang untuk meningkatkan pengaruhnya terhadap pembelajaran dan pembinaan karakter peserta didik. Penilaian ini diperoleh melalui angket yang diisi peserta didik, yang mencerminkan persepsi mereka terhadap sikap, perilaku, dan otoritas guru PAI di sekolah. Sementara itu, kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam juga berada pada kategori sedang, menunjukkan perlunya peningkatan dalam kemampuan mengarahkan, membimbing, dan memotivasi peserta didik, sebagaimana tercermin dari persepsi siswa dalam angket. Sikap disiplin peserta didik di SMP IT Nur Hidayah secara umum tergolong cukup baik, terlihat dari mayoritas siswa berada pada kategori sedang dan tinggi, meskipun sebagian kecil masih berada pada kategori rendah, sehingga pembinaan berkelanjutan tetap diperlukan. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kewibawaan guru memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk sikap disiplin, di mana semakin tinggi kewibawaan guru, semakin tinggi kecenderungan siswa untuk disiplin. Demikian pula, kompetensi leadership guru berpengaruh nyata dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa, sehingga peningkatan kemampuan kepemimpinan akan berdampak positif terhadap perilaku disiplin peserta didik. Secara simultan, hasil regresi berganda menunjukkan bahwa kewibawaan dan kompetensi leadership guru berpengaruh signifikan terhadap sikap disiplin dengan nilai F sebesar 19,770 (signifikansi < 0,001) dan R Square 0,389, yang berarti 38,9% variasi kedisiplinan dijelaskan oleh kewibawaan serta kompetensi leadership, sementara sisanya 61,1% dipengaruhi faktor lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kewibawaan Guru, Kompetensi Leadership, Sikap Disiplin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:07
Last Modified: 12 Sep 2025 03:07
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item