Setri Mulia, Yeni (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLIYING DI SEKOLAH DASAR 34 AIR DINGIN KABUPATEN SOLOK. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
skripsi Setri mulia yeni- Cover - Bab I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
skripsi Setri mulia yeni- Bab II - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena perilaku bullying di Sekolah Dasar Negeri 34 Air Dingin Kabupaten Solok. Permasalahan yang terjadi kurangnya pemahaman siswa akan dampak negatif dari perbuatan bullying yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi perilaku bullying di Sekolah Dasar Negeri 34 Air Dingin Kabupaten Solok. Masalah bullying menjadi salah satu isu penting di lingkungan pendidikan dasar karena berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis dan sosial peserta didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain pre eksperimen dengan bentuk one group pretest-pottest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa yang dipilih menggunakan teknik pusposive sampling berdasarkan kriteria yang telah digunakan. Instrumen yang digunakan adalah angket perilaku bullying yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample t-Test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hasil dari penelitian ini, yaitu 1) Hasil skor dan rata-rata nilai pretest berada pada kategori sedang. 2) Hasil skor dan rata-rata nilai posttest berada pada kategori sangat tinggi. Artinya, bimbingan kelompok efektif dalam menurunkan perilaku bullying pada siswa. Hasil pretest yang awalnya pada kategori sedang menandakan pemahaman siswa terhadap perilaku bullying masih dalam kategori sedang mengalami peningkatan yang sangat tinggi dan bimbingan kelompok efektif dalam mengurangi perilaku bullying di tingkat sekolah dasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat digunakan sebagai salah satu intervensi yang tepat dalam mengatasi perilaku bullying di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru dan pihak sekolah dalam menerapkan layanan bimbingan secara sistematis dan berkelanjutan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |