Fitria, Wulandari (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 19 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI FITRIA WULANDARI - COVER - BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FITRIA WULANDARI - BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ditemukan di SD N 19 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Fenomena tersebut ditunjukkan oleh peserta didik di SD N 19 Batang Anai kelas V, yang dimana metode pembelajaran masih didominasi satu arah, kurang interaktif, penyajian materi yang berat, partisipasi belajar siswa rendah, serta hasil belajar yang kurang optimal. Hal tersebut disebabkan proses belajar mengajar yang masih didominasi model pembelajaran konvensional, sehingga kurang mendorong minat dan motivasi siswa dalam mencapai hasil belajar yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model Quantum Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD N 19 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Kedua untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model Quantum Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD N 19 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Ketiga mengetahui efektivitas model Quantum Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD N 19 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksperimen, dengan pendekatan Quasy Experimental Design (QED), pretest posttest control group design. Penelitian ini berlokasi di SD N 19 Batang Anai, Korong Jambak, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Subjek pada penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas V di SD N 19 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang ditentukan dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah teruji secara validitas maupun reliabelitas, serta teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji t. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan bahwa terdapat perbedaan skor pretets posttest antara kelas kontrol dan eksperimen. Bedasarkan skor posttets hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 67,71, dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mendapatkan rata-rata 42,24. Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Quantum Learning efektif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD N 19 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.
Actions (login required)
![]() |
View Item |