Sevika, Dila (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID KELAS V SDN 09 TELUK BAKUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI SEVIKA DILA-COVER-BAB I.pdf Download (23MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SEVIKA DILA-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Pembelajaran di SDN 09 Teluk Bakung belum sepenuhnya mendorong murid untuk berpikir mandiri dalam memahami peristiwa. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bersifat terbatas dalam menumbuhkan keterampilan analisis dan kemandirian berpikir murid. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan modul ajar berbasis inkuiri. Tujuan dikembangkan modul ajar berbasis inkuiri yaitu untuk meningkatkan kemapuan menganalisa dan mencari jawaban sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model Plomp, yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Phase), fase perancangan (Prototyping Phase) dan tahap penilaian (Assesment Phase). Fokus penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar murid pada pembelajaran IPAS. Minat belajar merupakan dorongan dalam diri murid yang menimbulkan perhatian, rasa ingin tahu, dan keinginan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mempengaruhi intensitas, konsistensi, dan kualitas belajar Berdasarkan hasil penelitian, modul ajar berbasis inkuiri yang dikembangkan terbukti memiliki tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Nilai kevalidan sebesar 91% dengan kategori sangat valid menunjukkan bahwa isi, bahasa, dan desain modul telah sesuai dengan standar pembelajaran IPAS serta layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kepraktisan sebesar 91% kategori sangat valid mengindikasikan bahwa modul mudah digunakan oleh guru dan murid. Sementara itu, efektivitas sebesar 91% kategori sangat valid membuktikan bahwa penerapan modul ini mampu meningkatkan keterlibatan dan minat belajar murid.
Actions (login required)
![]() |
View Item |