PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID KELAS V SDN 09 TELUK BAKUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Sevika, Dila (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MURID KELAS V SDN 09 TELUK BAKUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI SEVIKA DILA-COVER-BAB I.pdf

Download (23MB)
[img] Text
SKRIPSI SEVIKA DILA-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran di SDN 09 Teluk Bakung belum sepenuhnya mendorong murid untuk berpikir mandiri dalam memahami peristiwa. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bersifat terbatas dalam menumbuhkan keterampilan analisis dan kemandirian berpikir murid. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan modul ajar berbasis inkuiri. Tujuan dikembangkan modul ajar berbasis inkuiri yaitu untuk meningkatkan kemapuan menganalisa dan mencari jawaban sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model Plomp, yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Phase), fase perancangan (Prototyping Phase) dan tahap penilaian (Assesment Phase). Fokus penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar murid pada pembelajaran IPAS. Minat belajar merupakan dorongan dalam diri murid yang menimbulkan perhatian, rasa ingin tahu, dan keinginan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mempengaruhi intensitas, konsistensi, dan kualitas belajar Berdasarkan hasil penelitian, modul ajar berbasis inkuiri yang dikembangkan terbukti memiliki tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Nilai kevalidan sebesar 91% dengan kategori sangat valid menunjukkan bahwa isi, bahasa, dan desain modul telah sesuai dengan standar pembelajaran IPAS serta layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kepraktisan sebesar 91% kategori sangat valid mengindikasikan bahwa modul mudah digunakan oleh guru dan murid. Sementara itu, efektivitas sebesar 91% kategori sangat valid membuktikan bahwa penerapan modul ini mampu meningkatkan keterlibatan dan minat belajar murid.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Inkuiri, Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:04
Last Modified: 13 Oct 2025 02:04
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item