PENGEMBANGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Shintia, Shintia (2025) PENGEMBANGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI SHINTIA-COVER-BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI SHINTIA-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar. Tinggi dan rendahnya motivasi belajar seseorang dipengaruhi oleh model dan media pembelajaran. Kurangnya model dan media pembelajaran membuat motivasi belajar menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan model pembelajaran Team Games Tournamentt (TGT) menggunakan media permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar murid dalam pelajaran. Model pembelajaran Team Games Tournamentt (TGT) memiliki 5 tahapan yaitu penyajian kelas, team, games, Tournamentt, dan penghargaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D) dengan pendekatan 4D yaitu Define(pendefenisian), Design(perancangan), Develop(pengembangan), dan Disseminate(penyebaran). subjek penelitian mencakup murid kelas V, guru, serta validator yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Uji validitas dilakukan oleh para ahli menggunakan angket valditas, sedangkan untuk pratikalitas dinilai oleh guru melalui angket parikalitas, dan efektifitas dinilai oleh murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar murid memiliki validsi keseluruhan dengan nilai 90% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktikalitas 95% dengan kategori sangat praktis , serta hasil efektifitas 92% dengan kategori sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar murid. Oleh karena itu, model TGT yang menggunakan media ular tangga dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan semangat dan partisipasi murid dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: TGT, Motivasi Belajar, IPAS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:39
Last Modified: 13 Oct 2025 04:39
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3743

Actions (login required)

View Item View Item