Pengembangan Modul Bergambar Berbasis problem based learning (PBL) pada Materi Aritmatika Sosial

Aswan, Marnisa (2023) Pengembangan Modul Bergambar Berbasis problem based learning (PBL) pada Materi Aritmatika Sosial. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2023- MARNISA ASWAN-BAB I.pdf

Download (971kB)
[img] Text
2023- MARNISA ASWAN-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika di SMP Islam Al Azhar 39 Bukittinggi cukup optimal, namun penggunaan dan pengembangan modul bergambar berbasis problem based learning (PBL) pada materi aritmatika sosial oleh guru belum dilaksanakan pada pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan oleh guru masih berupa buku paket dan guru menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian peserta didik untuk belajar matematika. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan modul bergambar berbasis problem based learning (PBL) pada materi aritmatika sosial sebagai pendukung dan memudahkan poses pembelajaran untuk meningkatkan minat peserta didik belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul bergambar berbasis problem based learning (PBL) pada materi aritmatika sosial yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu memberikan angket validasi produk kepada ahli materi, media, dan bahasa, angket praktikalitas peserta didik dan uji efektifitas dari soal tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data validitas pengembangan berbasis problem based learning (PBL) pada materi aritmatika sosial memenuhi kriteria cukup valid pada ahli media, valid pada ahli materi, dan valid pada ahli bahasa. Hasil analisis data praktikalitas guru matematika memenuhi kriteria prakis dengan rata-rata 68% sedangkan analisis praktikalitas oleh peserta didik dinyatakan praktis dengan rata-rata skor sebesar 70,78%. Penelitian pengembangan berbasis problem based learning (PBL) pada materi aritmatika sosial memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:06
Last Modified: 12 Nov 2025 03:06
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item View Item