“Pengembangan Media Pembelajaran Matematika E-Modul Berbasis Flip PDF Professional Pada Materi Vektor Dimensi Dua Untuk Siswa Kelas XI

Rahmadini, Riri (2023) “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika E-Modul Berbasis Flip PDF Professional Pada Materi Vektor Dimensi Dua Untuk Siswa Kelas XI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2023- RIRI RAHMADINI-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023- RIRI RAHMADINI-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media pembelajaran matematika merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dan sudah diintegrasi dalam metode belajar yang dipakai. Salah satu contoh bahan ajar yang bisa dikongkritkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dibidang pendidikan adalah E-Modul berbasis Flip PDF Professional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Flip PDF Professional? apakah media pembelajaran e-modul berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan valid? apakah media pembelajaran e-modul berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan praktis? apakah media pembelajaran e-modul berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan efektif? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul Berbasis Flip PDF Professional yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini dilaksanakan dalam 5 tahap yaitu Analysis ( analisis), Design ( perancangan ) , Development ( pengembangan ), Implementation ( implementasi) dan Evaluation (evaluasi ) model ini dianggap lebih mudah untuk diikuti. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Cendana Padang Panjang. Hasil analisis data validitas pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada materi Vektor Dimensi Dua untuk kelas XI memenuhi kriteria valid dengan skor akhir validitas sebesar 81,26%. Hasil analisis data praktikalitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada materi Vektor Dimensi Dua untuk kelas XI oleh guru dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata skor 91,76%. Sedangkan analisis data oleh siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata skor 85,47%. Dari penilaian siswa dan guru diperoleh rata-rata skor praktikalitas akhir sebesar 88,61% yang memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada materi Vektor Dimensi Dua untuk kelas XI memenuhi kriteria sangat efektif dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang dari 18 orang yang mengikuti tes hasil belajar atau sebesar 88%. Penelitian pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada materi Vektor Dimensi Dua untuk kelas XI kriteria valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:23
Last Modified: 12 Nov 2025 03:23
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item