Safitri, Uci Dwi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbantuan Liveworksheet Berbasis Discovery Learning Materi Eksponen Kelas X SMAN 2 Padang Panjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2023- UCI DWI SAFITRI-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2023- UCI DWI SAFITRI-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidik sudah ada menggunakan bahan ajar berupa LKPD yang dibeli dari penerbit, namun Pendidik belum pernah mengembangkan dan menggunakan bahan ajar seperti elektonik lembar kerja peserta didik (E-LKPD). Sementara, kondisi sarana dan fasilitas yang ada di SMAN 2 Padang Panjang sangat mendukung untuk dilakukannya pembelajaran menggunakan E-LKPD. Bahan ajar yang digunakan Pendidik belum maksimal sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar yang terintegrasi dengan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti memilih E-LKPD yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbantuan Liveworksheet berbasis Discovery Learning materi eksponen kelas X SMAN 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu memberikan angket validasi produk kepada ahli materi, media, bahasa, angket praktikalitas siswa, angket praktikalitas Pendidik dan uji efektivitas dari soal tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data validitas pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbantuan Liveworksheet berbasis Discovery Learning materi eksponen kelas X SMAN 2 Padang Panjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar 76,86%. Hasil analisis data praktikalitas peserta didik memperoleh persentase 78,16% dengan kategori praktis. Hasil analisis data praktikalitas pendidik memperoleh persentase 85,71% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase 87,09% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbantuan Liveworksheet berbasis Discovery Learning materi eksponen kelas X SMAN 2 Padang Panjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > Pendidikan Matematika H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 04:09 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 04:09 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
