Zonifa, Yuria (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Doratoon pada Materi Menyederhanakan Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VIII SMP N 5 Padang Panjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2023-Yuria Zonifa -BAB II-V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2023-Yuria Zonifa-BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran matematika di SMP N 5 Padang Panjang cukup optimal, namun penggunaan dan pengembangan media pembelajaran matematika oleh guru masih tergolong lemah, media yang digunakan guru hanya buku paket dan guru menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa untuk belajar matematika. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran sebagai pendukung dan memudahkan proses pembelajaran untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan video pembelajaran matematika berbantuan Doratoon pada materi menyederhanakan bentuk aljabar untuk siswa kelas VIII SMP N 5 Padang Panjang yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu memberikan angket validasi produk kepada ahli materi, media, bahasa, angket praktikalitas siswa dan uji efektivitas dari soal tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data validitas pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan Doratoon pada materi menyederhanakan bentuk aljabar untuk kelas VIII SMP N 5 Padang Panjang memenuhi kriteria sangat valid. Persentase validitas produk sebesar 80%. Hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase 82,66% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase 83% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran matematika berbantuan Doratoon pada materi menyederhanakan bentuk aljabar untuk siswa kelas VIII SMP N 5 Padang Panjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > Pendidikan Matematika H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 07:47 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 07:47 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
