IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL ‘ALAMIN (P5RA) DI MTsN 4 PADANG PARIAMAN

Nofriadi, Nofriadi (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL ‘ALAMIN (P5RA) DI MTsN 4 PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS NOFRIADI-COVER-BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS NOFRIADI-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil „Alamin (P5RA) di MTsN 4 Padang Pariaman Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan ujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil „Alamin di MTsN 4 Padang Pariaman melalui tahapan: (1) Perencanaan implementasi P5RA di MTsN 4 Padang Pariaman. Perencanaan meliputi persiapan ekosistem lingkungan madrasah, pembentukan tim pelaksana, penentuan tema, penetapan alokasi waktu, dan pembuatan modul. (2) Tahap pelaksanaan dimana tim pelaksana menyiapkan alur kegiatan pelaksanaan P5RA dan pengoptimalan implementasi P5RA. (3) Melakukan asesmen dan pelaporan. Pelaksanaan asesmen menggunakan rubrik penilaian dan daftar ceklist. Pengolahan nilai dilakukan oleh tim dan pelaporan kegiatan dengan menerbitkan Buku Rapor P5RA setiap semesternya sebagai pertanggungjawaban kepada orang tua murid. Pelaksanaan menggunakan sistem blok dengan mengangkat 3 tema yaitu suara demokrasi dengan topik Pemilihan Ketua OSIM, kewirausahaan dengan topik Membuat Baju Wisuda Tahfiz dan kelestarian budaya dan adat istiadat negeri dengan topik Mamaga Carano. Pelaksaan dilakukan di awal semester, ditengah semester dan akhir semester. Dari hasil penelitian memperlihatkan persiapan yang dilakukan MTsN 4 Padang Pariaman sudah dilakukan sebagaimana mestinya. Namun pada tahap persiapan terdapat hanya satu modul yang disiapkan yaitu pada tema lestarikan budaya adat istiadat negeri dengan modul Mamaga Carano. Dalam pengoptimal guru belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Pada tahap pelaksanaan sudah dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan namun belum memiliki alokasi waktu yang cukup sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan. Pada tahap pelaporan MTsN 4 Padang Pariaman telah melakukan asesmen sumatif dalam bentuk aksi dimana siswa melakukan pemilihan pengurus OSIM, membuat baju wisuda sederhana dengan jahitan tangan dan membuat paga carano dari arai pinang. Namun dalam pengolahan nilai akhir belum dilakukan sebagaimana mestinya. Pelaporan dilakukan dengan memberikan laporan khusus kepada orang tua dalam bentuk deskripsi dengan kategori Mulai Berkembang (MB), Sedang Berkembang (SB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan Sangat Berkembang (SB).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, P5RA, MTsN 4 Padang Pariaman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:05
Last Modified: 13 Nov 2025 03:05
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item View Item