Dinata, Ali Putra (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Kelas VII di MTsN 12 Tanah Datar Pitalah. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2024 (1) -Ali Putra Dinata-BAB I.pdf Download (720kB) |
|
|
Text
2024 (1) -Ali Putra Dinata-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dan sudah merupakan suatu integrasi terhadap metode belajar yang dipakai. Salah satu contoh media pembelajaran yang bisa dikongkritkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di bidang pendidikan adalah Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Bentuk Aljabar untuk Kelas VII MTsN Pitalah? bagaimana validitas Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Bentuk Aljabar untuk Kelas VII di MTsN 12 Tanah Datar Pitalah?, Bagaimana praktikalitas Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Bentuk Aljabar untuk Kelas VII di MTsN 12 Tanah Datar Pitalah?. Bagaimana efektifitas Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Bentuk Aljabar untuk Kelas VII di MTsN 12 Tanah Datar Pitalah? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Bentuk Aljabar untuk Kelas VII di MTsN 12 Tanah Datar Pitalah yang valid, praktis dan efektif.Penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri dari fase investigasi awal (prelimenary research), fase pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTsN 12 Tanah Datar Pitalah yang berjumlah 22 orang. Hasil analisis data validitas Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline memenuhi kriteria sangat valid dengan skor akhir validitas sebesar 73,83%. Hasil analisis data praktikalitas media pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline oleh guru dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata skor 83,75%. Sedangkan analisis data oleh siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata skor 89,81%. Dari penilaian siswa dan guru diperoleh rata-rata skor praktikalitas akhir sebesar 86,78% yang memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas media pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline pada materi bentuk Aljabar memenuhi kriteria efektif dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang dari 22 orang yang mengikuti tes hasil belajar dengan rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 72,72%. Penelitian pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Bentuk Aljabar untuk Kelas VII di MTsN 12 Tanah Datar Pitalah memenuhi kriteria valid, sangat praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > Pendidikan Matematika H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:14 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:14 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
