Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Menyederhanakan Bentuk Aljabar Di MTs Muhammadiyah Padang Panjang”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Musliyan, Syifha Fauzani (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Menyederhanakan Bentuk Aljabar Di MTs Muhammadiyah Padang Panjang”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (1) -Syifha-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2024 (1) -Syifha-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pada pembelajaran saat ini, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa. Media mempunyai peran penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satu contohnya adalah video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi android? apakah video pembelajaran berbasis aplikasi android yang dikembangkan valid?, apakah video pembelajaran berbasis android yang dikembangkan praktis?, apakah video pembelajaran berbasis aplikasi android yang dikembangkan efektif?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi android dan menghasilkan video pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 di MTs Muhammadiyah Padang Panjang, dengan mengambil subjek uji coba kelas VIII B. Hasil analisis data validasi menunjukan bahwa video pembelajaran berbasis aplikasi android memenuhi kategori valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata – rata 79,23%. Hasil analisis data praktikalitas video pembelajaran ini dinyatakan sangat praktis dengan rata – rata 83,33%. Hasil analisis data efektifitas video pembelajaran memenuhi kategori efektif, sebanyak 21 dari 26 siswa memperoleh nilai tuntas dengan persentase 80,76%. Penelitian pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi menyederhanakan bentuk aljabar di MTs Muhammadiyah Padang Panjang memenuhi kriteria valid, sangat praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:23
Last Modified: 13 Nov 2025 07:23
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item